Rektor Universitas Sumatera Utara pada 17 Mei 2021 telah melantik para Dekan untuk 15 Fakultas di lingkungan Universitas Sumatera Utara. Rektor USU melantik Dr. Ir. Fahmi, ST, M. Sc, IPM sebagai Dekan Fakultas Teknik Periode 2021-2026 menggantikan Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D sebagai dekan pada Periode 2016-2021 yang merupakan Dosen di Departemen Teknik Kimia. 

Selanjutnya, Rektor USU juga melantik para Wakil Dekan pada 19 Mei 2021 yang diantaranya adalah Prof. Dr. Ir. Renita Manurung, MT sebagai Wakil Dekan I Fakultas Teknik Periode 2021-2026. Sebelumnya Prof. Dr.Eng. Ir. Irvan, MSi menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Teknik Periode 2016-2021.  

 

Segenap sivitas akademika Teknik Kimia USU berbangga hati atas terpilihnya para dosen dari Departemen Teknik Kimia sebagai pimpinan Fakultas Teknik.

Pada periode sebelumnya yaitu Periode 2011-2016, dua dosen Teknik Kimia juga telah dipercaya untuk mengemban tugas dalam jajaran pimpinan fakultas yaitu Prof. Dr. Ir. Turmuzi, MS sebagai Wakil Dekan I dan Prof. Dr. Ir. Hamidah, MSc sebagai Wakil Dekan II  Fakultas Teknik USU. 

Maju terus Teknik Kimia, semoga selalu memberikan sumbangsih untuk kemajuan Universitas Sumatera Utara.

 

Penutupan Chemical Engineering Sport 2021


Chemical Engineering Sport (ChemEngS) 2021 merupakan program kerja dari Departemen Seni & Olahraga Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK)  FT-USU Periode 2020-2021. Acara ini dibuka pada Sabtu, 13 Maret 2021 dengan 4 cabang olahraga yang ditandingkan yaitu futsal, badminton, pubg, dan mobile legend. Chemical Engineering Sport (ChemEngS) 2021 berlangsung dengan kondusif dan disambut baik oleh peserta mahasiswa teknik kimia dari berbagai angkatan. Acara berlangsung hingga Kamis, 8 April 2021 dan ditutup langsung oleh Ketua Departemen Teknik Kimia, Ir. Maya Sarah, ST, MT, Ph.D, IPM.

Adapun pemenang dari Chemical Engineering Sport (ChemEngS) 2021 ialah sebagai berikut:

Kategori

Pemenang

Futsal  

      1.      Pemenang Futsal (TK’19)

      2.      Sparta (TK’17)

      3.      Sukak Klen (TK’16)

Badminton

     1.      D-Two (TK’19)

     2.      InsyaAllah Berkah (TK’17)

     3.      Tadika Mesra (TK’17)

Mobile Legends

     1.      Yakin Menang (TK’17)

     2.      MCK (TK’18)

     3.      Pukmek (TK’18)

PUBG

     1.      Gak Biasa Kalah (TK’17)

     2.      Terror Crew (TK’20)

     3.      ALC KMPG (TK’18)

 

Distribusi hadiah dibagikan langsung oleh panitia kepada para pemenang baik secara langsung maupun online. Adapun sumber hadiah diperoleh dari dana yang dikumpulkan oleh panitia Chemical Engineering Sport (ChemEngS) 2021 dan anggaran dana dari HIMATEK 2020-2021.

  

Seluruh panitia berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinu dan berhasil menjadi wadah bagi mahasiswa Teknik Kimia USU untuk menyalurkan minat bakat mereka di bidang non-akademik khususnya olahraga. Semoga kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi mahasiswa Teknik Kimia dari berbagai angkatan.

 

WORKSHOP PENYEMPURNAAN DOKUMEN IABEE

(PENYUSUNAN MATERI, ASSESSMENT, DAN RUBRIK MATA KULIAH SEMESTER GENAP)

 

Akreditasi merupakan suatu kegiatan penilaian yang dilakukan untuk menetapkan kelayakan Program Studi pada Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Program Studi S1 Teknik Kimia USU juga telah mendapat status Akreditasi Provisional dengan Sertifikat Akreditasi No. 00020.P yang ditetapkan pada 11 Desember 2018 oleh IABEE (Indonesian Accreditation Board of Engineering Education) Lembaga Akreditasi Internasional yang berkedudukan di Indonesia dan sedang dalam proses menjadi Anggota Tetap dalam Washington Accord yang merupakan acuan bagi akreditasi Prodi Teknik sedunia.

 

Kegiatan Workshop Penyempurnaan Dokumen IABEE Departemen Teknik Kimia dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Maret 2021. Kegiatan ini dibuka oleh MC dan Ir. Maya Sarah, S.T., M.T., Ph.D., IPM sebagai Ketua Departemen Teknik Kimia serta Ir. Seri Maulina, M.Sc., Ph.D sebagai Dekan Fakultas Teknik USU memberikan kata sambutan pada pembukaan acara kegiatan workshop ini.

 

Kegiatan workshop penyempurnaan dokumen IABEE adalah Penyusunan Materi, Assesment, dan Rubrik Mata Kuliah Semester Genap. Adapun inti dari kegiatan ini adalah penyampaian materi dan penyusunan rubrik untuk mata kuliah semester genap serta pengembangan dan implementasi sistem assessment digital berbasis rubrik dengan narasumber Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D.

Pada kegiatan workshop ini, peserta dibimbing oleh narasumber dalam praktik penyusunan materi, assessment, dan rubrik mata kuliah yang dipandu oleh moderator acara sesi siang, Ibu Prof.Dr. Halimatuddahliana, S.T., M.Sc. Dalam praktik penyusunan ini, telah terselesaikan sebanyak 3 (tiga) rubrik penilaian mata kuliah semester genap, yaitu Fenomena Perpindahan, Proses Pemisahan II, dan Pengantar Bioproses, selanjutnya format rubrik tersebut akan disusun hingga menjadi RPS dan RAP. Selanjutnya, diharapkan para peserta mampu menyusun RPS dan RAP yang di dalamnya terdapat parameter dan indikator kinerja capaian pembelajaran mata kuliah (CPL dan CPMK), mampu metode evaluasi dan assessment (profil lulusan/PEO/PPM) yang disesuaikan dengan standar penilaian universitas dan standar IABEE. Dengan demikian, penyempurnaan dokumen IABEE dapat terlaksana dengan baik.

Pada akhir kegiatan, Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.Hum., berkenan untuk hadir. Beliau berkenan menyampaikan sertifikat secara daring kepada Narasumber Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D. Wakil Rektor I juga berkenan memberikan kata sambutan wejangan dan dukungan untuk Departemen Teknik Kimia untuk mecapai status General Accreditation. Acara ditutup oleh Wakil Rektor I pada pukul 16.00 WIB.

 

Berita Duka: Telah Meninggal Dunia Drs. Ahmad Mulia Rambe, M.T.

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji’un

Telah berpulang ke Rahmatullah

Drs. Ahmad Mulia Rambe, M.T.

Dosen pengajar di Departemen Teknik Kimia FT USU pada hari Selasa, 30 Maret 2021, pukul 09.00 WIB

Alamat rumah duka Jln. Persatuan Perumahan Surya Regency 1 blok E no 6 , Medan, Sumatera Utara.

Semoga amal ibadahnya dapat diterima di sisi Allah SWT., diampuni dosa-dosanya, serta senantiasa diberikan ketabahan yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan, aamiin.

Segenap Keluarga Besar Departemen Teknik Kimia turut berduka cita sedalam-dalamnya

Chemical Engineering Sport (ChemEngS) 2021

Chemical Engineering Sport (ChemEngS) 2021 merupakan program kerja dari Departemen Seni & Olahraga Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK)  FT-USU Periode 2021-2020. Acara diharapkan terlaksana pada hari sabtu-minggu selama 3 minggu dan  diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Kimia USU dari seluruh angkatan yaitu Angakatan 2017, 2018, 2019, dan 2020. Adapun kegiatan ini diawali oleh pembukaan dari MC, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Balada Teknik Kimia, pembacaan doa serta sambutan dari ketua panitia, ketua HIMATEK FT USU-M. Abdul Halim, dan pembukaan secara resmi oleh ketua Departemen Teknik Kimia USU, Ir. Maya Sarah, ST, MT, Ph.D, IPM. pada Sabtu, 13 Maret 2021.

Adapun tema dari kegiatan ini adalah GEBER (Gerak Bersama). Tema ini diangkat untuk membangkitkan kembali semangat bergerak mahasiswa setelah hampir 1 tahun menerapkan social distancing dengan di rumah saja akibat pandemi covid-19. Oleh karena itu, dengan kegiatan ChemEngS 2021, HIMATEK FT USU mengajak seluruh mahasiswa/i Teknik Kimia untuk bersama dengan mengikuti cabang olahraga offline: pertandingan futsal dan badminton serta online: pertandingan PUBG dan Mobile Legend. Adapun ketua kegiatan ini adalah Daniel Reymondo Manurung, mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2019. Kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

Melalui kegiatan ini, mahasiswa Teknik Kimia diharapkan dapat lebih aktif untuk berolahraga dan menjaga kesehatan jasmani dan rohani. ChemEngS 2021 dapat juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk bertukar pikiran, bersosialisasi, menambah relasi, bersatu, dan membentuk suatu tim yang solid dari berbagai pertandingan-pertandingan yang ada.

 

Page 1 of 13