Penghargaan Dosen

 

Para dosen Teknik Kimia USU telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, para dosen menerima penghargaan dari Rektor Universitas Sumatera. Ir. Indra Surya, MSc, PhD mendapat penghargaan sebagai dosen dengan publikasi terbanyak peringkat II pada tahun 2017. Ir. Lilis Sukeksi, MSc, PhD mendapat penghargaan sebagai dosen dengan jumlah ten terbanyak peringkat I pada tahun 2018 dan peringkat II pada tahun 2019. Sedangkan Erni Misran, ST, MT, PhD mendapat penghargaan sebagai dosen berprestasi bidang Sains dan Teknologi peringkat I pada tahun 2019.

Untuk bidang penelitian, Ir. Lilis Sukeksi, MSc, PhD juga meraih pendanaan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Perguruan Tinggi (CPPBT) dari Kemenristekdikti tahun 2017 untuk produk sabun mandi dan shampo batangan natural. Pada tahun 2018, beliau juga mendapatkan dana CPPBT untuk produk lipstik natural. Kesemua produk beliau menggunakan bahan baku minyak kelapa. Sedangkan untuk bidang pengabdian, Prof. Rosdanelli juga mendapat pendanaan dari Kemenristekdikti tahun 2018 untuk Program Pengembangan Unit Produk Intelektual Kampus (PPUIK) yang menghasilkan sabun cair.

Selain itu, para dosen Teknik Kimia USU juga berkiprah sebagai reviewer untuk artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada berbagai Jurnal Internasional bereputasi seperti Sains Malaysiana, Journal of Engineering Science and Technology (JESTEC), Journal of Radiation Physics and Chemistry. Selain itu, juga berperan sebagai reviewer untuk artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada berbagai international conferences. Di tingkat universitas, para dosen Teknik Kimia dipercaya untuk menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Wakil Dekan III Fakultas Teknik yang membawahi Bidang Penelitian, Pengabdian, dan Kerjasama. Juga memimpin Pusat Unggulan Iptek (PUI) Energi Berkelanjutan dan Biomaterial, PUI Produk Natural, dan Pusat Inkubator Bisnis (CIKAL) USU. Dalam kegiatan publik lainnya, beberapa dosen Teknik Kimia juga berperan tenaga ahli di Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara, sebagai auditor halal Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara, sebagai stakeholder pendamping Dinas Kebersihan Kota Medan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RPJMD Kota Medan Tahun 2016 - 2020.

 

 

Ir. Erni Misran, ST, MT, Ph. D Penerima Penghargaan Dosen Berprestasi I Bidang Sains dan Teknologi USU Tahun 2019

Ir. Lilis Sukeksi, MSc., PhD Penerima Penghargaan Paten Tebanyak II Tahun 2019