headline transformation towards the ultimate

BAN PT Kampus Merdeka

Mari Kita Sukseskan Persiapan Akreditasi Internasional IABEE Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik USU

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini berhasil mencapai akreditasi A untuk 53 Program Studi (Prodi) yang dimilikinya dan 8 Prodi yang telah tersertifikasi ISO-9001:2015 dari jumlah keseluruhan sebanyak 154 prodi. Pada tahun 2039 diharapkan seluruh prodi yang ada sudah meraih akreditasi internasional terkait dengan tujuh bidang keilmuan, Tropical Science and Medicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy, Natural Resources, Technology dan Arts, atau yang disingkat dengan TALENTA.MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini berhasil mencapai akreditasi A untuk 53 Program Studi (Prodi) yang dimilikinya dan 8 Prodi yang telah tersertifikasi ISO-9001:2015 dari jumlah keseluruhan sebanyak 154 prodi. Pada tahun 2039 diharapkan seluruh prodi yang ada sudah meraih akreditasi internasional terkait dengan tujuh bidang keilmuan, Tropical Science and Medicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy, Natural Resources, Technology dan Arts, atau yang disingkat dengan TALENTA.

 

Akreditasi 3
Demikian antara lain disampaikan Rektor USU, Prof Dr runtung Sitepu, SH, M Hum, dalam sambutannya pada Workshop Akreditasi Internasional, yang dibacakan oleh Wakil Rektor IV USU, Prof Dr Ir Bustami Syam, MS ME, bertempat di Ruang Rapat Senat Akademik Gedung BPA USU, Jum’at (27/4).


 Akreditasi 1
Untuk mencapai harapan tersebut, tambah Prof Bustami, diperlukan kerja keras dari seluruh civitas akademika USU, khususnya komponen Prodi. Mengingat keberhasilan memperoleh akreditasi tertinggi pada tingkat nasional dan internasional menjadi salah satu ukuran keberhasilan pimpinan Prodi yang pada akhirnya akan bermuara terhadap keberhasilan fakultas dan universitas.


Dilanjutkannya, meskipun hasil yang telah dicapai sampai saat ini masih sangat jauh dari target yang telah ditetapkan hingga tahun 2019, namun capaian tersebut sangat membanggakan jika mengingat pada tahun 2015 sebelumnya hanya 17 Prodi yang terakreditasi A dan belum satupun yang tersertifikasi ISO.
 

Akreditasi 2
Dengan demikian, diharapkan kepada Pimpinan Fakultas dan Program Studi yang menjadi peserta workshop untuk mampu menyerap pengetahuan dari para penyaji yang dihadirkan sebagai persiapan untuk mengikuti proses akreditasi internasional.
Akreditasi 2Workshop dibagi dalam beberapa topik materi yakni ;

  • Strategi Penyusunan Self Assesment UN-QA yang disampaikan oleh Dr Melania Suweni Muntini, MT
  • Pengenalan IABEE, Persyaratan dan Kelengkapan Mengikuti IABEE dan Best Practice Prodi Teknik Kelautan ITS Mengikuti Proses Akreditasi IABEE yang disampaikan oleh Dr Ir Yoyok Setyo Hadi Widodo, ST, MT
  • Presentasi Capaian Prodi Teknik Mesin dan Teknik Kimia USU dalam Akreditasi IABEE yang disampaikan oleh Ir Maya Sarah, ST, MT, Ph D, IPM dan Dr Ir Sabri, MT. 

Workshop dihadiri oleh Wakil Rektor II USU, Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked(OG), Sp OG (K)  para dekan fakultas di lingkungan USU, para staf ahli Rektor, para Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan USU serta Ketua dan anggota tim Akreditasi Internasional USU. (Humas)

Please publish modules in offcanvas position.