headline transformation towards the ultimate

BAN PT Kampus Merdeka

Mari Kita Sukseskan Persiapan Akreditasi Internasional IABEE Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik USU

PLTBg (Pembangkit Listrik Tenaga Biogas) Asian Agri ternyata menjadi daya tarik berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan pengolahan limbah cair/POME (Palm Oil Mill Effluent) menjadi biogas, selain ramah lingkungan juga dinilai memiliki keunggulan tersendiri. Sebagaimana pada hari ini, 16 Pebruari 2016, Tim Peneliti dari Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik USU dan Toyohashi University of Technology Jepang, sebanyak 6 orang melakukan studi banding ke PLTBg Asian Agri yang berlokasi di Desa Batu Anam, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan.

news 2016 05 06 10 55 3644

Rombongan peneliti ini tampak antusias ketika menyaksikan secara langsung PLTBg Asian Agri yang telah beroperasi pada tanggal 23 April 2015.Menurut Dr. Eng. Irvan MSi, Ketua Departemen Teknik Kimia USU, adapun tujuan rombongan Tim Peniliti ini berkunjung ke salah satu PLTBg milik Asian Agri dalam rangka studi banding, mengingat mereka juga sudah mengembangkan proyek biogas plant yang berlokasi di USU.

Sebenarnya kami juga sudah memiliki pilot project biogas plant di USU, sehingga tujuan kami kemarilah adalah untuk studi banding guna melihat langsung teknologi yang diterapkan oleh Asian Agri dalam rangka mengolah limbah cairnya menjadi biogas. Ternyata, setelah kami melihat langsung, PLTBg ini sangat luar biasa, teknologi yang digunakan juga teknologi yang lebih unggul dibanding lokasi-lokasi lain yang sudah pernah kami kunjungi sebelumnya, terangnya menambahkan.

Dari 6 orang Tim peneliti yang turun, 2 diantaranya adalah pelajar Jepang dari Toyohashi University Of Technology Jepang yang pada saat ini sedang mengikuti program pertukaran pelajar di USU.

Mereka tertarik dengan apa yang dilakukan Asian Agri yang mengolah limbah cairnya menjadi energi listrik. Menurut mereka Jepang juga sudah mengolah limbah cairnya menjadi listrik, namun limbah cair yang digunakan adalah limbah cair yang berasal dari makanan, kotoran hewan, dan lain-lain. Namun tidak ada yang berasal dari sawit, karena disana tidak ada limbah sawit.

Menurut mereka untuk mengolah limbah cair sawit menjadi energi listrik tidaklah semudah mengolah limbah cair yang berasal dari makanan ataupun kotoran hewan. Hal ini dikarenakan limbah sawit mengandung lemak, yang gampang menggumpal/membeku. Sehingga mereka kagum dengan keberhasilan yang telah dicapai Asian Agri.

Sementara itu, Manager Pabrik, Reno Ruswandi menyatakan bahwa Asian Agri senantiasa menerapkan budaya kerja yang inovatif & kreatif serta ramah lingkungan. Sehingga dalam mengolah limbah cair menjadi biogas, teknologi yang digunakan tentu saja teknologi unggulan.

Budaya kerja Asian Agri itu adalah inovatif dan kreatif serta ramah lingkungan. Maka untuk mengolah limbah cair/POME (palm oil mill effluent) untuk menghasilkan energi. Asian Agri juga memilih untuk menggunakan tehnologiunggul. Yakni dengan menggunakan teknologi digester tank dan An MBR (Anaerobic Membrane Bio Reactor) dengan menggunakan bakteri Thermophilip yang berfungsi mempercepat dan memaksimalkan proses pembentukan gas, ujarnya memberi penjelasan.

Secara terpisah, Humas Asian Agri, Lidya Veronica mengatakan, bahwa Asian Agri telah membangun 5 unit PLTBg dari 20 unit PLTBg yang ditargetkan dapat dibangun hingga Tahun 2020. Kelima PLTBg yang telah dibangun tersebut tersebar di Sumatera Utara, Riau dan Jambi.

Pembangunan PLTBg ini adalah wujud nyata Asian Agri dalam rangka mendukung industri kelapa sawit yang berkelanjutan, dimana limbah dapat diolah menjadi energi baru dan terbarukan. Sehingga sangat ramah lingkungan, ujarnya mengakhiri penjelasannya.

Please publish modules in offcanvas position.