headline transformation towards the ultimate

BAN PT Kampus Merdeka

Mari Kita Sukseskan Persiapan Akreditasi Internasional IABEE Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik USU

PELATIHAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN ALUMINIUM

 

Departemen Teknik Kimia USU kembali menyelenggarakan kegiatan ilmiah pada Sabtu, 25 September 2021 bekerja sama dengan Ikatan Alumni Teknik Kimia dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia USU. Kegiatan yang bertajuk Pelatihan Teknologi Aluminium ini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh mahasiwa, dosen, dan alumni Teknik Kimia USU. Narasumber pada pelatihan ini adalah Ferdy Rahadian yang merupakan alumni Teknik Kimia USU Angkatan 1996 dan saat ini menjabat sebagai Vice President of Reduction Operation PT. INALUM dan Abubakar Subiantoro, Tenaga Ahli LPEM UI, Studi Kawasan Industri Hilir Berbasis Aluminium di Wilayah Kerja PT. INALUM.

Acara dibuka tepat pada pukul 09.00 WIB oleh MC Sdri. Elisa Aprilia dan dibuka secara resmi oleh Ketua Departemen Teknik Kimia, Ibu Ir. Maya Sarah, S.T., M.T., Ph.D., IPM. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh perwakilan mahasiswa. Pemaparan materi oleh para narasumber dipandu oleh moderator acara ibu Ir. Erni Misran, S.T., M.T., Ph.D. Narasumber 1, yaitu Bapak Ferdy Rahadian,  menyampaikan materi berjudul “Prospek Industri Aluminium”. Pada kesempatan ini, narasumber memaparkan tentang profil PT. Inalum, bahan baku dan alur proses produksi aluminium, spesifikasi produk aluminium, dan bahkan rencana jangka panjang produksi aluminium jangka panjang. Pemaparan materi 1 ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab.     

 

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan langsung oleh narasumber kedua, yakni Bapak Abubakar Subiantoro, seorang praktisi senior di bidang aluminium. Beliau memaparkan tentang sejarah penemuan aluminium dan  para kontributor penemunya. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang rantai energi industri aluminium, bagaimana tren aluminium secara global sejak beberapa dekade lalu, sekarang, dan prediksinya di masa yang akan datang, serta proses industri hilir dan teknologi hijau khususnya yang terkait dengan aluminium. Sesi kedua ini juga diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab oleh narasumber dan para peserta. 

Pelatihan ini diikuti oleh 185 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan alumni Teknik Kimia USU. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Kerja Sama dengan Praktisi/Industri yang didukung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (KSKI-MBKM) yang diperoleh Departemen Teknik Kimia pada Tahun 2021.

acara pagi ini juga dapat disaksikan via youtube 

 

Please publish modules in offcanvas position.