WORKSHOP PENYEMPURNAAN DOKUMEN IABEE

(PENYUSUNAN MATERI, ASSESSMENT, DAN RUBRIK MATA KULIAH SEMESTER GENAP)

 

Akreditasi merupakan suatu kegiatan penilaian yang dilakukan untuk menetapkan kelayakan Program Studi pada Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Program Studi S1 Teknik Kimia USU juga telah mendapat status Akreditasi Provisional dengan Sertifikat Akreditasi No. 00020.P yang ditetapkan pada 11 Desember 2018 oleh IABEE (Indonesian Accreditation Board of Engineering Education) Lembaga Akreditasi Internasional yang berkedudukan di Indonesia dan sedang dalam proses menjadi Anggota Tetap dalam Washington Accord yang merupakan acuan bagi akreditasi Prodi Teknik sedunia.

 

Kegiatan Workshop Penyempurnaan Dokumen IABEE Departemen Teknik Kimia dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Maret 2021. Kegiatan ini dibuka oleh MC dan Ir. Maya Sarah, S.T., M.T., Ph.D., IPM sebagai Ketua Departemen Teknik Kimia serta Ir. Seri Maulina, M.Sc., Ph.D sebagai Dekan Fakultas Teknik USU memberikan kata sambutan pada pembukaan acara kegiatan workshop ini.

 

Kegiatan workshop penyempurnaan dokumen IABEE adalah Penyusunan Materi, Assesment, dan Rubrik Mata Kuliah Semester Genap. Adapun inti dari kegiatan ini adalah penyampaian materi dan penyusunan rubrik untuk mata kuliah semester genap serta pengembangan dan implementasi sistem assessment digital berbasis rubrik dengan narasumber Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D.

Pada kegiatan workshop ini, peserta dibimbing oleh narasumber dalam praktik penyusunan materi, assessment, dan rubrik mata kuliah yang dipandu oleh moderator acara sesi siang, Ibu Prof.Dr. Halimatuddahliana, S.T., M.Sc. Dalam praktik penyusunan ini, telah terselesaikan sebanyak 3 (tiga) rubrik penilaian mata kuliah semester genap, yaitu Fenomena Perpindahan, Proses Pemisahan II, dan Pengantar Bioproses, selanjutnya format rubrik tersebut akan disusun hingga menjadi RPS dan RAP. Selanjutnya, diharapkan para peserta mampu menyusun RPS dan RAP yang di dalamnya terdapat parameter dan indikator kinerja capaian pembelajaran mata kuliah (CPL dan CPMK), mampu metode evaluasi dan assessment (profil lulusan/PEO/PPM) yang disesuaikan dengan standar penilaian universitas dan standar IABEE. Dengan demikian, penyempurnaan dokumen IABEE dapat terlaksana dengan baik.

Pada akhir kegiatan, Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.Hum., berkenan untuk hadir. Beliau berkenan menyampaikan sertifikat secara daring kepada Narasumber Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D. Wakil Rektor I juga berkenan memberikan kata sambutan wejangan dan dukungan untuk Departemen Teknik Kimia untuk mecapai status General Accreditation. Acara ditutup oleh Wakil Rektor I pada pukul 16.00 WIB.