Kuliah Umum: Mineral Processing Bauxite to Alumina

Departemen Teknik Kimia USU dan Ikatan Alumni USU Komisariat Teknik Kimia menyelenggarakan kuliah tamu pada Sabtu, 6 Maret 2021.  Kegiatan kuliah umumini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan beberapa alumni Teknik Kimia USU. Narasumber pada kuliah umum ini adalah Darwin Saleh Siregar, ST., Msi. yang merupakan alumni Teknik Kimia USU dan saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik dan Proyek PT Borneo Alumina Indonesia.

Kuliah tamu ini diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, dan sambutan oleh ketua Departemen Teknik Kimia USU, Ir. Maya Sarah, ST, MT, Ph.D, IPM.

 

Darwin Saleh Siregar, ST., Msi. memaparkan kuliah tamu dengan topik “Mineral Processing Bauxite to Alumina” . Pada kuliah tamu ini narasumber memaparkan tentang industri alumina dunia, potensi kekayaan alam Indonesia untuk memproduksi alumina dari bauksit, proses, kondisi operasi, alur produksi, proses penanganan bahan buangan dari hasil proses pembuatan alumina dari bauksit dan produk-produk turunan dari alumina. Proses pengolahan bauksit menjadi alumina yang kemudian diolah menjadi aluminium melewati  tahap-berikut yakni: penambangan bauksit, washing/pemisahan bauksit dari material pengotor seperti tanah liat dan pemisahan bauksit berdasarkan ukuran partikel, kemudian pada washed bauxite dilakukan bayer process dengan  kalsinasi dan terbentuk alumina. Alumina kemudian direaksikan dengan reaksi elektrolisis pada suhu tinggi dan terbentuk aluminium.

 

           Pada perkuliahan ini, narasumber memberikan kesempatan kepada peserta perkuliahan untuk melakukan sesi tanya jawab setelah satu subtopik selesai. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan dengan antusias dan dijawab langsung oleh narasumber. Meskipun kegiatan perkuliahan ini dilakukan secara daring, namun diharapkan ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi peserta perkuliahan.