headline transformation towards the ultimate

BAN PT Kampus Merdeka

Mari Kita Sukseskan Persiapan Akreditasi Internasional IABEE Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik USU

Kuliah Umum ‘’Mengenal Lebih Dekat Refinery Unit III sebagai Kilang Bersejarah dan Produk-Produknya’’

Departemen Teknik Kimia USU dan Ikatan Alumni USU Komisariat Teknik Kimia bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) USU menyelenggarakan kuliah umum pada Sabtu, 5 Desember 2020.  Kegiatan kuliah umum ini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh mahasiwa, dosen, dan alumni Teknik Kimia USU. Narasumber pada kuliah umum ini adalah Muhammad Rahmad, ST yang merupakan alumni Teknik Kimia USU dan saat ini menjabat sebagai Manager Engineering & Development Pertamina RU III Plaju Palembang.

Kuliah umum diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan do’a, kata sambutan oleh ketua HIMATEK yang diwakili oleh sekretaris HIMATEK dan kata sambutan dari ketua Departemen Teknik Kimia USU, Ir. Maya Sarah, ST, MT, Ph.D, IPM.

Muhammad Rahmad, ST membawakan kuliah umum yang bertemakan ‘’Mengenal Lebih Dekat Refinery Unit III sebagai Kilang Bersejarah dan Produk-Produknya’’. Pada kuliah umum ini, narasumber memaparkan tentang perjalanan karirnya di Pertamina. Beliau juga menyampaikan gambaran ikhtisar dari Pertamina RU III, pasokan dan produksi minyak mentah, serta pencapaian yang diraih oleh Pertamina RU III. Muhammad Rahmad, ST menjelaskan bahwa unit refinery sangat penting bagi Pertamina untuk melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 80 tahun di industri minyak dan gas. Pertamina memiliki 7 unit refinery yang mampu mengolah hingga total 1 juta barel minyak mentah per hari. Pasokan minyak mentah yang diolah pada Pertamina RU III berasal dari minyak mentah lokal dan domestik. Adapun minyak mentah lokal diperoleh dari Palembang Selatan, Jambi dan Riau, sedangkan minyak mentah domestik berasal dari Jawa, Sulawesi dan Papua. Berbagai produk yang dihasilkan oleh Pertamina RU III diantaranya bahan bakar minyak (BBM), bahan bakar khusus (BBK) dan produk non BBM yang didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

 

 

Setelah narasumber selesai menyampaikan materi kuliah umum, dibuka sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta. Beberapa peserta mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan dijawab langsung oleh narasumber. Kegiatan kuliah umum ini diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada narasumber oleh ketua Departemen Teknik Kimia USU dan foto bersama para peserta. Meskipun penyelenggaran kuliah umum ini hanya dilakukan secara daring, namun diharapkan ilmu yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta, baik itu mahasiswa, alumni maupun dosen Teknik Kimia USU.

Please publish modules in offcanvas position.