headline transformation towards the ultimate

BAN PT Kampus Merdeka

Mari Kita Sukseskan Persiapan Akreditasi Internasional IABEE Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik USU
Para Duta Lingkungan Teknik Kimia USU 2019 beserta Ketua Departemen Maya Sarah, ST, MT, Ph.D, IPM dan Sekretaris Departemen Erni Misran, ST, MT, Ph.D

 

Lestari Kampusku, Lestari Bumiku........

Segenap sivitas akademika Departemen Teknik Kimia USU turut berpartisipasi dalam Peringatan Hari Bumi 2019 yang dipusatkan di halaman Gedung M pada hari Jumat, 26 April 2019. Berbagai kegiatan dirancang untuk mendukung pelestarian lingkungan terutama di kawasan kampus Teknik Kimia USU.

Sejak awal Maret lalu, Prof. Dr.Eng Ir. Irvan, MSi telah menginisiasi pengolahan limbah cair dari kantin Fakultas Teknik untuk menghasilkan biogas. Prof. Irvan yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Teknik USU telah berkecimpung dalam pembuatan biogas yang merupakan salah satu energi terbarukan yang ramah lingkungan. Tak hanya mengolah limbah cair, pihak Departemen juga berupaya mengolah limbah dedaunan yang terdapat di kawasan kampus menjadi kompos. Pada tahap awal, pengolahan dilakukan menggunakan komposter keranjang. Bekerja sama dengan Dr. Ir. Fatimah, MT. dalam waktu dekat akan dilakukan pembuatan kompos menggunakan wadah beton dengan sistem kompartemen.

Pengelolaan taman juga dilakukan melalui pembuatan taman hidroponik secara vertikal di dinding gedung kuliah. Kegiatan ini dimotori oleh Prof. Dr. Ir. Rosdanelli, MT. bersama dengan mahasiswa Angkatan 2018 yang saat ini tengah mengikuti matakuliah Pengetahuan Lingkungan. Aksi penanaman pohon juga dilakukan di kawasan kampus dengan menanam 100 bibit pohon yang merupakan sumbangan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Wampu Sei Ular, Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini dikoordinir oleh para pengurus Himatek (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia). Himatek juga mengkoordinir pembuatan biopori yang bertujuan untuk menambah resapan air di kawasan kampus.

Pengurus HIMATEK dan Beberapa Mahasiswa sedang Membuat Lubang Biopori

Pihak departemen juga merancang kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Teknik Kimia USU. Para duta tersebut dilantik pada saat Peringatan Hari Bumi dengan pemberian kantung (eco-pouch) berisi perangkat makan dan minum yang dapat dipakai ulang oleh Ketua Departemen Teknik Kimia Maya Sarah, ST, MT, PhD, IPM dan Sekretaris Departemen Teknik Kimia Erni Misran, ST, MT, PhD.

Sebanyak 20 orang Duta Lingkungan yang mewakili mahasiswa Angkatan 2016, 2017, dan 2018 diharapkan dapat menerapkan eco-lifestyle dalam kehidupannya sehari-hari. Eco-pouch tersebut merupakan modal awal bagi para duta lingkungan untuk berpatisipasi dalam mengurangi permasalahan lingkungan terutama akibat penggunaan sampah plastik. Tak hanya itu, mereka pun dituntut untuk menjadi agent of change di bidang lingkungan yang menjalankan program yang mendukung pelestarian lingkungan dan juga menjadi role model yang dapat mengajak kawan-kawannya untuk turut serta menjalankan program tersebut. Para duta lingkungan akan dinilai kegiatannya dan tiga orang yang terbaik akan mendapatkan penghargaan yang akan diserahkan pada acara puncak Lustrum VIII Teknik Kimia USU yang insya Allah akan diadakan pada Oktober 2019.

Keseluruhan rangkaian acara Peringatan Hari Bumi 2019 diselenggarakan dalam rangka Lustrum VIII Teknik Kimia USU dan Lustrum XII Fakultas Teknik USU. Dekan Fakultas Teknik Ir. Seri Maulina, MSi, PhD. memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Departemen Teknik Kimia ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi nyata bagi perbaikan lingkungan di kawasan Teknik.

Berita ini dapat juga dilihat disini.

Please publish modules in offcanvas position.