headline transformation towards the ultimate

BAN PT Kampus Merdeka

Mari Kita Sukseskan Persiapan Akreditasi Internasional IABEE Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik USU

          Kegiatan Pembekalan Mahasiwa Baru bagi Mahasiswa Teknik Kimia USU Tahun Ajaran 2018/2019 berlangsung pada tanggal 06 September 2018 di Aula Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Ketua Departemen Teknik Kimia, Ibu Maya Sarah, S.T., M.T., Ph.D, IPM. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bidang Teknik Kimia kepada para mahasiswa baru.

Ibu Maya Sarah membuka secara resmi acara PMB Teknik Kimia USU 2018

          Sesi pertama menampilkan Ir. Herbun Darlin yang merupakan Alumni Teknik Kimia USU angkatan 1980 yang menyampaikan materi tentang kealumnian. Kemudian dilanjutkan oleh Ibu Dr. Ir. Renita Manurung, M.T. yang membawakan materi tentang pengenalan teknik kimia. Untuk memberikan wawasan yang lebih luas lagi kepada mahasiswa baru, disampaikan materi Technopreneurship yang dibawakan oleh Ibu Ir. Lilis Sukeksi, M.Sc., Ph.D. Pemaparan terakhir tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) disampaikan oleh Ibu Erni Misran, S.T., M.T., Ph.D.

          Setelah istirahat, mahasiswa baru dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan kelasnya. Dua kelas secara paralel dibimbing oleh Ibu Erni Misran, S.T., M.T., Ph.D. dan Bapak Dr.Eng. Rondang Tambun, S.T., M.T. Mahasiswa diarahkan untuk aktif berpikir dan menyampaikan pendapat. Mereka ditantang untuk menyampaikan ide-ide kreatif yang bisa dikembangkan untuk pengajuan proposal PKM. Dari kegiatan ini, diperoleh kelompok-kelompok mahasiswa yang mengajukan tema terkait penelitian, pengabdian, dan pembuatan peralatan yang akan ditindaklanjuti dengan pembimbingan pembuatan proposal PKM.

Para mahasiswa baru mendengarkan pemaparan materi tentang PKM

          Sementara itu, dua kelas lainnya secara paralel diajak untuk berkeliling meninjau lingkungan belajar Teknik Kimia USU seperti ruang kelas, pendopo, dan laboratorium. Dalam pengenalan laboratorium kali ini, para mahasiswa baru mengunjungi tiga laboratorium yaitu Laboratorium Ekologi, Proses Industri Kimia (PIK), dan Operasi Teknik Kimia (OTK). Para asisten laboratorium menjelaskan kegunaan beberapa alat yang tersedia di setiap laboratorium dan mengizinkan mahasiswa baru mengajukan pertanyaan apa saja terkait laboratorium tersebut.

Mahasiswa baru mencatat kegunaan beberapa alat laboratorium OTK

Penjelasan tentang laboratorium ekologi

          Setelah itu, para mahasiswa baru kembali lagi ke Aula Teknik untuk melanjutkan rangkaian acara terakhir, yaitu penampilan dari setiap kelas untuk merajut solidaritas di kalangan mereka. Berdasarkan hasil penilaian tim juri, penampilan terbaik diraih oleh Kelas D Teknik Kimia USU Angkatan 2018. Penampil terbaik menerima paket bingkisan menarik sebagai ucapan selamat. Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama seluruh panitia dan mahasiswa baru Teknik Kimia USU.

WhatsApp Image 2019 02 25 at 12.40.50 PM 1

Please publish modules in offcanvas position.