Dua Mahasiswa Teknik Kimia USU Raih Gelar Sarjana Tercepat dalam Masa 3,5 Tahun

Sebanyak 24 mahasiswa Teknik Kimia USU telah diwisuda oleh Rektor USU pada tanggal 26 Mei 2016 lalu. Diantara deretan wisudawan teknik kimia tersebut terdapat dua nama yakni Sukardi dan Andri Rusli yang merupakan mahasiswa Angkatan 2012. Mereka berdua tercatat sebagai mahasiswa peraih gelar Sarjana Teknik tercepat di Program Studi Teknik Kimia USU. Mereka berhasil menyelesaikan studi dalam masa 3,5 tahun dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) masing-masing 3,64 dan 3,42. Di bawah bimbingan ibu Dr. Ir. Hamidah Harahap, M.Sc., Sukardi dan Andri Rusli melakukan kajian mengenai pembuatan film lateks karet alam dengan memanfaatkan limbah kulit singkong sebagai bagian dari bahan baku yang digunakan. Mereka menyelesaikan penelitiannya dalam jangka waktu 3-4 bulan.\

news 2016 06 07 01 44 4593

Berdasarkan penelitian yang dijalankan, Sukardi yang lahir di Binjai pada 28 Januari 1995 menulis skripsi berjudul “Pengaruh suhu vulkanisasi dan pembebanan mikrokristalin selulosa dari tepung kulit singkong dengan penyerasi alkanolamida terhadap sifat mekanik film lateks karet alam”. Sedangkan Andri Rusli yang lahir di Tanjung Leidong pada 17 Oktober 1995 menghasilkan skripsi yang berjudul “Pengaruh waktu vulkanisasi pada pembuatan produk film lateks karet alam berpengisi selulosa mikrokristalin dari tepung kulit singkong dengan penambahan penyerasi alkanolamida”.

Hasil penelitian keduanya telah disampaikan pada seminar internasional yang kemudian termasuk dalam kategori selected paper untuk dipublikasikan pada jurnal. Sukardi telah mempresentasikan karyanya pada 5th International Conference on Recent Advances in Materials and Environment (RAMM) & 2nd International Postgraduate Conference on Materials, Mineral and Polymer (MAMIP) dan dipublikasikan di ASEAN Journal of Chemical Engineering. Sementara artikel ilmiah terkait dengan hasil penelitian Andri telah dipresentasikan di 22nd Regional Symposium on Chemical Engineering (RSCE) di Bangkok dan dipublikasikan di Journal of Polymer Materials.

Selamat diucapkan kepada Sukardi dan Andri Rusli serta seluruh wisudawan Teknik Kimia atas keberhasilan meraih gelar sarjana. Semoga ilmu yang diperoleh dapat dijadikan bekal untuk menghasilkan karya lainnya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.