Departemen Teknik Kimia USU Pamerkan Karya Inovatif di Pekan Inovasi SUMUT ke-4 Tahun 2016

Pekan Inovasi SUMUT ke-4 baru saja usai. Pada pameran yang berlangsung selama empat hari mulai 19-22 Mei 2016 di Lapangan Merdeka Medan itu ditampilkan aneka karya kreatif dan inovatif dari berbagai daerah terutama di Sumatera Utara. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat tergali potensi unggulan daerah agar mampu bersaing di era MEA.

news 2016 06 07 01 37 1811
Departemen Teknik Kimia USU merupakan salah satu peserta yang turut meramaikan Pekan Inovasi tahun ini bersama-sama 90 peserta lainnya. Rangkaian alat penghasil asap cair serta penghasil bioetanol merupakan karya utama yang ditampilkan DTK USU pada pameran tersebut. Selain itu ditampilkan pula berbagai poster hasil penelitian mahasiswa yang telah mengkaji pembuatan bioplastik, biodiesel, bioetanol, briket, dan lainnya. Umumnya penelitian yang dilakukan memanfaatkan limbah sebagai bahan bakunya.

Setelah membuka secara resmi Pekan Inovasi SUMUT ke-4, Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi beserta rombongan berkenan mengunjungi stand DTK USU. Turut pula dalam rombongan tersebut Ketua Panitia Hj. Purnama Dewi yang juga merupakan Kepala Badan Penanaman Modal Provsu. Sebagai alumni Teknik Kimia USU, peran Hj. Purnama Dewi cukup besar dalam mendukung kehadiran stand DTK USU di pameran ini.

Keikutsertaan DTK USU merupakan langkah diseminasi hasil penelitian yang telah dilakukan di lingkungan kampus sehingga bisa lebih memasyarakat. Kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan profil DTK USU kepada khalayak umum. Ke depan, DTK USU juga akan lebih aktif muncul dalam ajang-ajang serupa yang akan memacu semangat meneliti para sivitas akademika DTK USU agar bisa menghasilkan karya kreatif dan inovatif serta yang bermanfaat bagi masyarakat luas.