Lulusan USU Bentuk Ikatan Alumni

Tobasamosir, (Analisa). Ratusan orang lulusan USU (Universitas Sumatera Utara) dari berbagai prodi di industri pulp TPL, baru-baru ini membentuk ikatan alumni guna meningkatkan rasa persaudaraan, profe­sionalisme dan kecintaan bersama terhadap almamater. Para lulusan kebanyakan dari prodi (program studi) teknik meliputi mesin, elektro, kimia, pertanian, kehutanan, dan sipil. Fakta ini mudah dimaklumi. Sebab sebagai in­dustri berbasis ba­han baku kayu menjadi pulp (bubur kertas), TPL (PT Toba Pulp Les­ta­ri,Tbk) membutuhkan banyak tenaga te­rampil dalam me­na­ngani permesinan, kelis­trikan, dan proses produksi dengan meman­faatkan secara hati-hati, terukur dan bertang­gungjawab ba­han-bahan kimia sebagai pe­nolong termasuk dalam pengo­la­han limbah hingga memenuhi baku-mutu.

news 2016 05 06 10 53 4670

Juga dibutuhkan dukungan tenaga berke­mam­puan tinggi di bidang pertanian dan ke­hutanan, sebab bahan bakunya berupa eka­liptus yang kaya serat dan cepat tumbuh diper­kebunkan dalam bentuk HTI (hutan tanaman industri).

Untuk mewujudkan ikatan alumni terse­but, Ketua IKA (Ikatan Keluarga Alumni) USU Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, juga Plt Gubernur Sumatera Utara, memberi mandat pembentukan kepada alumni magister Sains PSL 1996 yang sedang menempuh studi S-3, dan kini menjabat sebagai salah seorang manajer senior, Ir SimonH Sidabukke MSi.

Mandat itu sekaligus untuk pembentukan ikatan alumni untuk cabang Kabupaten To­basamosir. Tetapi untuk tahap awal di TPL dulu sebagai pengurus tingkat komisariat. "Ternyata memperoleh sam­butan cukup po­sitif. Bukan hanya dari para alumni melain­kan juga dari manajemen," kata Simon, yang dalam kepengu­ru­san dibebani posisi humas (hubungan masyarakat) yang ia lukiskan "bidang sapu jagat."

Ikatan alumni itu dibentuk dalam musya­warah komisariat, Selasa, 29 Maret 2016. Periode kepengurusan 2016 - 2018. Para pengurus terpilih meliputi pelindung (Rektor USU, DPP IKA USU, DPD IKA USU), pe­nasehat (Mulia Nauli, Leonard Hu­tabarat, Jandres Silalahi) dan pembina (Marihot Sitanggang, Wahid I Lase, Zainul Arifin, Juanda Panjaitan, Lubianto).

Pengurus pelaksana meliputi 46 orang dengan Ketua Umum Suhunan Sirait ST (teknik kimia 1993), Ketua-1 Paulus Maharaja Purba ST, MM (teknik mesin 2011), Ketua-2 Elis Silalahi ST (teknik elektro 1999), Sekretaris Melina ST (teknik kimia 2010) dan Bendahara Johanes Hasibuan SP (Faperta 2001). Pengurus dilengkapi bebera­pa bidang (organisasi dan anggota, pengem­bangan kompetensi, kewirausahaan dan kerjasama, pengabdian masyarakat, pertani­an - perikanan - peternakan, seni dan budaya, lingkungan dan kesehatan, komunikasi dan publikasi, diisi figur sesuai keahlian masing-masing sebagai pendukung organisasi. "Pengurus ini sudah siap untuk diresmi­kan," kata Simon.

Manajemen TPL diwakili Lubianto (manajer Sumber Daya Manusia) melukis­kan kegembiraannya atas kehadiran organi­sa­si alumni USU di perusahaan pulp, satu-satunya di Sumatera Utara itu. Ia berharap organisasi alumni dapat memberi kontribusi dalam meningkatkan profesionalisme dan produktivitas anggota.

Ditinjau dari segi banyaknya jumlah alumni USU (110 orang) di antara sekitar 1.000 orang tenaga kerja perusahaan, maka tidak berlebihan bila ada yang berpendapat maju-mundurnya in­dustri ini secara psiko­logis tidak dapat dipisahkan dari nama be­sar almamater.