Bakti Sosial HIMATEK FT-USU di Smart Aurica School


Bakti Sosial merupakan salah satu program kerja dari Departemen Sosial & Kerohanian Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) FT-USU Periode 2015-2016. Melalui program kerja Bakti Sosial ini, diharapkan himpunan bersama anggotanya dapat mengaplikasikan sikap simpatinya terhadap kehidupan sosial di luar kampus. Hal ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar yang juga membuktikan bahwa mahasiswa dapat aktif menolong sesama di sela-sela padatnya aktivitas di kampus. Suatu sikap nyata dari mahasiswa sendiri yang harus peka terhadap kehidupan sosial, yang terpanggil secara alami dari hati nurani.

news 2016 09 14 22 21 4259


Kali ini bakti sosial HIMATEK FT-USU ditujukan ke Smart Aurica School yang pengelolaannya di bawah binaan Yayasan Mendengar Bicara. Sekolah ini merupakan sekolah pertama di Kota Medan dengan misi mempersiapkan anak dengan gangguan pendengaran untuk memasuki sekolah umum. Sekolah ini menerapkan metode auditory verbal therapy (AVT) sehingga anak-anak tersebut dapat memaksimalkan pendengarannya dan berkat adanya teknologi implan koklear, anak-anak tersebut memiliki kemampuan mendengar setara dengan anak normal lainnya.


Melalui kegiatan bakti sosial ini, HIMATEK telah berperan serta dalam membantu yayasan melalui tiga rangkaian kegiatan yaitu: (1) Memperkenalkan sains sederhana kepada para siswa Smart Aurica School, (2) Mendukung penggalangan dana, dan (3) Membantu penyelenggaraan “Seminar Sosialisasi Ekstensi Anak dengan Gangguan Pendengaran dan Bicara” bekerja sama dengan Yayasan Mendengar Bicara.

 

Pada kegiatan pertama, HIMATEK terlibat dalam upaya mengenalkan sains sederhana kepada para siswa Smart Aurica School. M. Zulfadhli, mahasiswa Teknik Kimia USU Angkatan 2012 memperagakan cara pembuatan gunung merapi, air mancur, dan pencampuran warna di ruang kelas dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Kegiatan ini melibatkan siswa Smart Aurica School pada kelas Trial, Basic dan Advance. Pada kegiatan penggalangan dana, HIMATEK membantu penjualan souvenir yang dibuat oleh yayasan. Sedangkan pada kegiatan ketiga, HIMATEK turut andil dalam menyukseskan acara seminar yang diadakan pada tanggal 27 Februari 2016 di Gedung H. Anif (Kampus USU). Seminar tersebut merupakan upaya untuk memberikan informasi tentang eksistensi anak-anak tersebut di tengah-tengah lingkungan masyarakat juga memupuk sikap empati dan apresiasi terhadap prestasi mereka. Pada seminar tersebut dihadirkan para pembicara yang mengupas perihal seminar tersebut dari tinjauan aspek medis, aspek solusi teknologi dan habilitasi, serta implementasi Sekolah Inklusif.