USU Sepakati Kerjasama Dengan KPU Sumut

Universitas Sumatera Utara dan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara sepakat bekerjasama untuk menyukseskan pemilu di tingkat daerah maupun nasional. Kesepakatan itu digelar di gedung KPU Sumut pada Selasa (27/09/16). Kerjasama KPU itu juga dilaksanakan bersama delapan Perguruan Tinggi lainnya, yakni UINSU, UMSU, UMA, UNIKA, Universitas Darma Agung, Universitas Sisingamangaraja, Universitas HKBP Nommensen, dan Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, dan peresmian Rumah Pintar Pemilu.

KPU Sumut 4
Wakil Rektor III Mahyuddin, PhD, yang mewakili Rektor Universitas Sumatera Utara mengatakan, kesepakatan tersebut dalam rangka mengoptimalkan prinsip kemitraan yang saling memberikan manfaat serta bertujuan untuk pengembangan institusi dan peningkatan program kerja kedua pihak. Ruang lingkup kerjasama itu, ujarnya, meliputi bidang pendidikan, bidang penelitian, dan bidang pengabdian pada masyarakat, dan nantinya akan ditindaklanjuti dengan berbagai kerjasama bersama unit-unit di lingkungan USU dan KPU Sumut.

KPU Sumut 2
Sementara Ketua KPU Sumut Mulia Banurea menyebutkan, kerjasama dengan sembilan Perguruan Tinggi di Sumatera Utara sangat penting, karena perguruan tinggi adalah mitra yang berperan penting dalam menyukseskan misi KPU terutama di tingkat pemilih pemula. Dikatakannya, kerjasama sekaligus peresmian Rumah Pintar Pemilu merupakan agenda KPU RI yang bertujuan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat Sumut dan melakukan pendidikan pemilih terutama bagi pemilih pemula. Mulia berharap kerjasama dengan Perguruan Tinggi tersebut dapat berjalan dengan baik dan berlanjut dengan MoA yang signifikan kedepannya sehingga bermanfaat bagi masyarakat dalam menyukseskan pemilu.

KPU Sumut 3
Salah seorang siswa SMAN 3 Medan yang diundang dalam acara tersebut, Dinda, mengatakan kegiatan yang mereka hadiri saat ini sangat penting baginya dan teman-teman lainnya. Dengan peresmian Rumah Pintar Pemilu, ucapnya, dia jadi lebih tahu seluk beluk Pemilu, syarat menjadi pemilih, sejarah Pemilu, dan tatacara memilih dalam Pemilu. Dinda yang duduk di kelas XII MIA 2, menghimbau teman-teman seusianya untuk aktif mengikuti berita perpolitikan di Indonesia dan menyukseskan Pemilu serta tidak Golput. “Saya dan teman-teman lain ingin bisa ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi yang berlangsung nanti, dan kami ingin menyukseskannya,” tutur Dinda dengan wajah ceria.
KPU Sumut 1Kegiatan kerjasama KPU Sumut dan sembilan Perguruan Tinggi tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Sumut Ir. H. Tengku Erry Nuradi M.Si, Ketua KPU RI, dan jajaran perwakilan partai peserta pemilu.